Pada musim hujan pasti banyak orang yang merasa kurang percaya diri karena bau pada sepatu yang di pakainya apalagi ketika berada di ruangan luar ruangan yang memiliki udara yang sangat panas. Sepatu yang mempunyai bau ternyata tidak hanya di pengaruhi oleh bakteri yang menimbulkan bau itu namun beberapa hal yang mungkin bisa menjadi pemicu sepatu tersebut berbau seperti; faktor iklim yang tidak menentu, kondisi tubuh si pemakai, kebiasaan buruk yang tidak menjaga dengan baik sepatu nya, kondisi fisik sepatu tersebut. Iklim seperti di indonesia yang mempunyai kelembapan yang tinggi membuat udara yang berada di dalam sepatu mengalami perubahan apalagi jika udara di luar sedang panas pasti banyak keringat yang di keluarkan tubuh terutama di kaki nah oleh itu kita bisa mengatasi bau tersebut agar tidak semakin menyengat sebelum melakukan pembersihan beberapa hal yang harus dilakukan adalah;

  1. Hal yang pertama yang harus kita lakukana adalah selalu mengeringkan sepatu setelah pemakaian dengan cara taruh sepatu di luar untuk di angin anginkan, sebaiknya menghindari sinar matahari lansung agar bahan yang di pakai tidak rusak.
  2. Mencuci sepatu. Hal yang perlu di lakukan sebelum mencuci sepatu tersebut sebaiknya periksa dulu petunjuk cara parawatannya karena ada beberapa sepatu yang tidak boleh di cuci menggunakan detergen karena jika itu dilakukana akan merusak serat kain yang di pakai sepatu.
  3. Penggunaan soda kue bisa di manfaatkan untuk mengurangi bau pada sepatu karena soda kue merupakan bahan alami yang bisa menyerap bau pada sepatu. Penggunaanya yaitu dengan cara menaburkan sedikit soda kue di dalam sepatu dan biarkan semalaman agar bubuk tersebut menyerap bau, jika ingin di pakai sebaiknya bersihkan soda sebelum di pakai. Selain soda kue kalian bisa memakai bedak tabur putih.
  4. Memanfaatkan koran untuk menyerap bau pada sepatu kalian dengan cara membuat gumpalan ketar koran dan masukan gumpalan tersebut ke dalam sepatu serta balut sepatu dengan kertas koran itu biarkan kertas koran tersebut menempel selama sepatu tidak di pakai lalu sepatu tersebut bisa disimpan.
  5. Menambahkan pewangi pada sepatu kalian untuk menghindari bau yang tidak sedap seperti halnya penggunaan kopi atau pun kulit jeruk. Taburkan kopi di bagian dalam sepatu atau letakkan kulit jeruk selama semalaman.
  6. Penggantian sol pada sepatu bisa saja dilakukan, sebaiknya pilih sol yang terbuat dari bahan anti jamur atau sol berbahan katun. Ganti sol sepatu secara rutin untuk menghindari perkembangan jamur.

Nah itulah hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau namun ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari bau pada sepatu kalian;

  • Jika sepatu sering dipakai sebaiknya setelah di pakai di angin anginkan di ruangan terbuka
  • penggantian kaos kaki bisa dilakukan setelah beberapa jam dipakai apalagi jika kalian melakukan aktivitas di luar ruangan. Sebaiknya kalian memiliki kaos kaki cadangan untuk menghindari berkembangnya bakteri pada sepatu kalian.
  • Gunakan bedak khusus kaki sebelum hendak memakai sepatu tersebut
  • Sebaiknya pilihlah sepatu yang berbahan kulit atau katun hal tersebut memungkinkan sepatu bisa memiliki cela cela udara sehingga sirkulasi udara di dalam sepatu bisa berganti dan tidak menyebabkan bau pada sepatu.
  • Jika kalian sedang berolahraga pilihlah model sepatu yang memiliki struktur jala untuk memudahkan sepatu dalam mengganti sirkulasi udara di dalam sepatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here